Cara instal windows 10 berserta gambarnya

Artikel terkait : Cara instal windows 10 berserta gambarnya

Cara instal windows 10 berserta gambarnya - pada kesempatan yang lain saya sudah membuat ulasan tentang cara install windows 8. kali ini saya akan memberikan ilmu tentang cara intal windows 10 berserta gambarnya untuk kalian semua.

Pada tanggal 10 April 2018 pihak microsoft telah meluncurkan sistem oprasi terbaru yaitu windows 10 alhasil banyak mengundang bagi pengguna komputer dan laptop. Wajar saja mereka sudah upgrade dari system yang lama ke windows 10 karena interface dari windows 10 sangatlah elegan dan cukup keren.

Tampilan dari windows 10 sendiri yaitu perpaduan antara oprasi windows 7 dan windows 8. dan wajib kalian kethui bahwa untuk mengsitall oprasi tersebut memiliki persamaan atau bisa dibilang hampir mirip dengan mengistall oprasi windows 8. dan pastikan kalian perhatikan baik-baik tutorialnya sampai habis agar tidak ada masalah ketika dalam proses instalasi windows 10 nya.

Prosedur dan persiapan sebelum mengistall windows 10 :

Sebelum kalian mengistall sistem oprasi windows 10, ada beberapa yang perlu kalian perhatikan dan pastikan komputer atu laptop kalian sudah memenuhi persyaratanya prosedur dan persiapannya.

1. Perhatikan spesifikasi minimum komputer atau laptop kalian apakah sudah memenuhi syarat dan harus mengtahui tipe prosessor 32-bit atau 64-bit perangkat kalian.karena instalasi oprasi windows 10 ini sangatlah berat.
2. Siapkan Driver windows yang dapat memaksimalkan kinerja system windows pada perangkat kalian. proses intall Driver ini dilakukan saat intalasi windows selesai.
3. kemudian siapkanlah CD atau DVD installer windows 1 nya. karena pada tutorial kalian saya menggunakan DVD untuk mengistall windows 10.
4. Pastikan baterai komputer atau laptop kalian memilii cukup daya listrik untuk menghindari resiko mati di tengah proses instalasi windows atau bagi kalian yang ingin mengistall windows pada perangkat laptop bsa sambil di charger.

Setting Bios Terlebih Dahulu
Sebelum kalian mengistall oprasi windows yang kalian lakukan yaitu harus setting BIOS agar boting pertama dilakukan dari CD atau DVD. karena defaultnya komputer atau laptop boting pertama kali dari HDD.maka kalian harus menggantinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. pertama nyalakan komputer atau laptop kalian. Kemudian atur (BOOT) atau (Booting) pertama di menu BIOS, cara untuk masuk menu BIOS maka tekan terus-menerus Del dengan cepat saat  Komputer atau Laptop dinyalakan, sedangkan pada merk komputer atau laptop lain tekan tombol F1,F2,F9,F10. mungkin pada sebagian merk laptop lain juga sambil menekan tombol fn bersamaan dengan F1,F2, agar tombol tersebut berfungsi.
    Ketika sudah maka akan muncul tampilan menu BIOS seperti gambar berikut ini. Tapi biasanya tampilan menu BIOS pada setiap computer atau laptop juga tidak semua sama. Setelah sudah masuk ke menu bios, pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol (◄ ►).

2. Posisi Hard Drive atau HDD terletak di atas sendiri Seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini, maka hal tersebut berarti booting pertama kali dilakukan dari HDD. Maka dari itu, kalian harus mengubahnya terlebih dahulu agar booting pertama kali bisa dilakukan dari CD-ROM Drive. 

3. Supaya Booting pertama kali bisa dilakukan melalui DVD,  silakan kalian memilih CD-ROM Drive dengan mengeser menggunakan tombol + atau  - sampai berada paling atas, seperti contoh gambar di bawah ini.


4. Kemudian kalian masukan CD atau DVD installer windows 10 ke dalam drive-optic sebagai medianya. Jika sudah diatur settingan BIOS dengan benar. Kemudian Save dengan menekan tombl F10, pilih Yes dan Restart.

Langkah-langkah Menginstall Windwas 10 :
Setelah menyetting boot atau booting di menu bios, maka selanjutnya kita langsung menginstall Windows 10 pada computer atau laptop kalian.

1. Jika kalian menjumpai atau muncul tulisan Press any Key To Boot From CD or DVD pada layar monitor. Maka kalian tekan tombol apapun untuk menuju proses instalasi windowsnya.

2. Pilihlah bahasa Indonesia atau bahasa yang kalian mengerti pada tab Time and currency format. pada bagian yang lainya seperti Language to install dan Keyboard or input method dibiarkan default saja, tak perlu di ubah.

3. Lanjut dengan memilih (Install Now)

4. Langkah selanjutnya kalian disuruh untuk masukan Product Key dan biasanya kode ini ada sudah tersedia pada bungkus DVD atau didalam DVD nya  ketika saat membeli atau tanyakan ketika saat  mau membeli DVD nya.

5. Proses instalasi selanjutkan kalian akan masuk pada kolom license terms yang bisa langsung skip saja dan pilih atau centang (I accept the licesne terms) dan klik next.

6. langkah selanjutnya akan muncul pemberitahuan berupa perintah instalasi , langsung arahkan cursor dengan memilih (Custom: Install Windows Only (advanced)).

7. Jika kalian ingin melakukan install ulang atau downgrade dari sistem operasi windows lama ke windows 10, cukup kalian delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved secara otomatis, kedua partisi yang anda hapus menjadi Unallocated Space.

dan jika kalian ingin membuat partisi baru dan jadikan Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasinya, kemudian pilih lanjut atau Next. Dengan begitu, data-data pada partisi lain tetap aman atau tidak terhapus. Lebih jelasnya, simak gambar gif berikut ini :

8. Pada gambar berikut ini bahwa ruang HDD masih kosong (Unallocated Space). Kemudian kalian harus mempartisinya. Untuk jumlah partisinya sendiri bisa 2 atau lebih, sesuai keinginan dan kebutuhan anda.

9. Silakan pilih (Drive 0 Unallocated Space) kemudian pilih New dibawa, tentukan ukuran partisi dengan kebutuhan anda, kemudian pilih Apply. Ukurannya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit sesuai kebutuhan saja. Dan untuk partisi system (partisi C:) ukuran HDDnya usahakan diberi lebih besar karena untuk menaruh semua sistem.

10. Pilih OK untuk pembuatan (system reserved partition).

11. Seperti pada gambar berikut ini, di situ hanya ada 2 partisi utama. Selanjutnya pilih Drive 0 Partition 2 untuk lokasi instalasinya dan jangan ditempatkan di partisi lain dan pilih Next.

12. Kemudian kita menuju menu windows setup dan proses instalasi windows 10 sedang berjalan. Tunggu hingga prosesnya 100%  Proses ini memakan waktu kira-kira 30 menitan, nanti jika proses sudah menunjukan di angka 100% laptop atau komputer akan restart dengan otomatis.

13. Silahkan masukan product key windows 10 kalian dan lanjut dengan menekan tombol Next. jika kalian tidak memiliki produsct keys windows 10, silakan kalian pilih menu Do this later dibawah. Maka kalian dapat aktivasi windows 10 di akhir penginstallan dengan menggunakan windows activator.

14. Setelah itu kalian pilih (Use Express settings).

15. Selanjutnya masukkan nama pengguna atau user sekaligus password kalian bila perlu. Tanpa password tidak apa-apa, tapi jika kalian ingin agar komputer dan laptop kalian di dapat di akses orang maka sangat disarankan untuk memberinya password.

16. Pada Proses ini tidak akan memakan waktu, silakan tunggu saja sebentar sampai anda dibawa ke dekstop anda.
17. Selamat install windows sudah selesai.

Dari beberapa tips dan trick Cara instal windows 10 berserta gambarnya di atas yang telah kami ulas untuk anda. Jika kalian sudah mencoba tips dan trick menginstall window 10 dan jika kalian temukan kendala dalam proses  instalasi windows 10, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya lewat kotak komentar yang sudah disiapkan, jika berkenan.

Terima kasih telah mampir dan membaca artikel serverlokal.com, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Server Lokal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Server Lokal | Design by Server Lokal